Minggu, 21 Juni 2020

KESAKSIAN MENGURUS IJIN GEREJA, AKHIRNYA JADI PENGIKUT KRISTUS

 Yohanes 15:16 (TB)  Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu.

 

Senin, 06 Mei 2019 kami berkunjung ke rumah ibu Dewi Lestari. Beliau seorang yang berawal dari Muslim lalu menjadi pengikut Kristus. Selama beberapa bulan ini beliau bergabung dalam grup WA baca Alkitab dan doa yang kami bina, mumpung ada kesempatan kami pun mengunjungi rumah beliau yang berada di pinggiran kabupaten Sidoarjo.

Sudah menjadi kebiasaan kami selama kami bisa menjangkau lokasi, maka kami akan mengunjungi untuk mendoakan dan menguatkan keluarga demi keluarga yang dalam pergumulan. Di antara keluarga, beliau seorang diri yang memutuskan untuk menjadi pengikut Kristus. Suami dan keempat anak beliau masih bertahan dalam iman yang lama. Oleh karena itu perjalanan iman Bu Dewi tidak termasuk mudah.

Semua bermula ketika beliau menangani proyek perijinan sebuah gereja di Surabaya. Saat itu sekitar tahun 1997, gereja JKI Bukit Zion masih awal berdiri. Ibu Dewi sebagai seorang yang berkompeten membantu mengurus perijinan rumah ibadah, menyambungkan antara pendeta/ gembala sidang dengan walikota Surabaya selaku pejabat pemberi ijin.

Suatu kali beliau mengunjungi gereja JKI Bukit Zion untuk meminta tanda tangan Pdt. Lokky selaku gembala sidang. Staf gereja mengatakan bahwa bpk. Pendeta masih memimpin doa. Bu Dewi pun menunggu beliau sambil membaca buku renungan yang terdapat di ruang tunggu. Beliau merasa ada sesuatu yang lain dari bacaan tersebut. Ada kesaksian dan berbagai artikel yang menguatkan. Oleh karena penasaran, beliau secara diam-diam mengambil lima buku untuk dibawa pulang, lalu keesokan harinya akan dikembalikan dan berganti lima buku lainnya. Hal ini dikarenakan buku renungan tersebut sebenarnya tidak boleh dibawa pulang.

Beberapa kali pula Bu Dewi menunaikan ibadah sholat di salah satu ruangan gereja di sela menunggu Pdt. Lokky siap untuk menandatangani berkas. Namun anehnya beliau selalu merasa ingin mengulangi sembahyang sholat walaupun di ruangan gereja, ada rasa nyaman tersendiri yang beliau alami.

Singkat cerita, setelah proses perijinan gereja selesai, beliau mengalami beberapa kali perjumpaan pribadi dengan Tuhan Yesus yang tidak terduga. Melalui mimpi beberapa kali beliau seperti didatangi seekor burung merpati. Anehnya burung merpati ini seakan mengalahkan burung lain yang berwarna hitam. Di akhir mimpi ada sebuah perkataan yang beliau dengar "Akulah yang kamu cari selama ini...". Beliau juga penasaran bahwa dalam iman beliau yang lama, dari antara dua puluh lima nabi mengapa hanya nabi Isa yang makamnya ada tapi tidak ada jasadnya.

Sampai satu kali beliau merasakan ada kerinduan mendalam terhadap Tuhan Yesus. Beliau tidak tahu harus berkata apa jika berdoa sehingga hanya berkata "Tuhannya orang Kristen". Dalam kondisi antara penasaran karena mendapatkan kunjungan melalui mimpi, pergolakan batin hingga kerinduan yang mendalam pada nabi Isa atau Yesus Kristus, beliau pun menghubungi Pdt. Lokky untuk berkenan datang ke rumahnya supaya didoakan.

Bukan Pdt. Lokky yang ternyata datang tapi kakak Pdt. Lokky dengan alasan pelayanan doa pribadi harus sesama perempuan. Setelah memutuskan menjadi pengikut Kristus, beberapa hari kemudian beliau menyerahkan diri untuk dibaptis. Selanjutnya beliau mengalami pertumbuhan rohani secara drastis. Oleh kasih karunia Tuhan beliau bisa berdoa dalam bahasa roh secara pribadi tanpa ada yang mendoakan. Demikian juga untuk memenuhi kebutuhan rohani, beliau belajar kebenaran firman Tuhan secara pribadi melalui beberapa hamba Tuhan.

Saat ini beliau berjuang sendiri dalam mempertahankan iman sebagai pengikut Kristus. Pertentangan selalu diterima dari anggota keluarga lainnya. Buku-buku rohani yang beliau miliki sempat dibuang oleh suami. Saat berdoa pun beliau lebih sering berada di kamar mandi dengan menyalakan air supaya tidak kedengaran. Demikian juga ketika kerinduan pada Tuhan Yesus begitu melanda, beliau segera menuju kamar lalu mengenakan mukena tapi berdoanya pada Tuhan Yesus.

Kerinduan Bu Dewi untuk mengikut Tuhan Yesus begitu mendalam. Di mana pun ada persekutuan doa atau ibadah gereja, beliau akan menghadiri selama ongkos naik ojek online bisa beliau jangkau. Di akhir pertemuan kami berdoa untuk kekuatan dan kesetiaan beliau mengikut Tuhan Yesus. Kami juga berdoa untuk salon beliau yang selama ini tidak aktif karena sepi. Sekedar diketahui, selama ini saat beliau melayani pelanggan salon dimanfaatkan juga untuk memenangkan jiwa. Seringkali Roh Kudus memberikan hikmat bagi beliau untuk mendoakan dan menyatakan adanya masalah tertentu pada orang yang sedang dilayani rambutnya.

Kami percaya Roh Kudus mampu memakai siapa pun, apapun latar belakang kita. Semua bergantung pada kesediaan hati kita untuk merespon panggilan Tuhan. Tetap setia sampai garis akhir. Tuhan Yesus memberkati. (Dalam kasihNya, Okky Rahardjo)

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KESAKSIAN PELAYANAN

Jumpa Dengan Tuhan Edisi 09 November 2023 "Kuat Di Dalam Tuhan"

  JUMPA DENGAN TUHAN Judul     : Kuat Di Dalam Tuhan Baca     : Efesus 6:10 Akhirnya, hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan, di dalam kek...