Senin, 30 Oktober 2023

Jumpa Dengan Tuhan Edisi 31 Oktober 2023 "Aktif, Rajin & Semangat"

JUMPA DENGAN TUHAN

Judul    : Aktif, Rajin & Semangat

Baca    : Filipi 3:12-14

 

Bukan seolah-olah aku telah memperoleh hal ini atau telah sempurna, melainkan aku mengejarnya, kalau-kalau aku dapat juga menangkapnya, karena aku pun telah ditangkap oleh Kristus Yesus.

Saudara-saudara, aku sendiri tidak menganggap, bahwa aku telah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan: aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku,

dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus.

 

Sahabat Kristus, kalau kita perhatikan bahasa Firman Tuhan atau bahasa Alkitab itu selalu mengajak kita untuk aktif, giat dan tidak hidup dalam kepasifan. Ada banyak bagian Firman Tuhan yang mengajak kita untuk bertindak aktif, responsif dan bersemangat. Bukan menjadi orang yang putus asa lalu menyesali diri.

Coba kita bandingkan dari bagian Firman Tuhan yang kita baca hari ini. Ada beberapa kata yang mengandung kata kerja yang aktif. Mulai dari ayat 12-14 ini setidaknya ada lima kata yang menyatakan kata kerja. Mari kita hitung, yang pertama “mengejarnya”. Kemudian “menangkapnya”. Lalu “melupakan”. Berikutnya “mengarahkan diri”. lalu terakhir “berlari-lari” kepada tujuan.

Firman Tuhan selalu mengajak untuk kita aktif, giat, rajin dan meraih yang terbaik. Dalam setiap pergumulan hidup yang kita hadapi pun, tidak pernah Firman Tuhan mengajarkan untuk kita merenung, menangis dan menyesali diri lalu merasa tidak berarti dan menyalahkan Tuhan. Betapa banyak anak-anak Tuhan ketika dalam kondisi yang paling sulit membuat tudingan bahwa Tuhan jahat, Tuhan tidak mengerti hidupku atau Tuhan tidak memperhatikan masalahku.

Kalau kita tidak berbuat sesuatu pun yang terbaik, lalu apa yang bisa kita raih. Kalau kita tidak semangat untuk melakukan sesuatu, lalu apa yang kita bisa hasilkan. Bahkan tindakan rohani sekalipun sebenarnya merupakan tindakan yang aktif. Ketika kita mengambil langkah untuk berdoa, sebenarnya itu juga merupakan tindakan yang aktif. Namun betapa banyak anak-anak Tuhan  ketika menghadapi masalah, malah cenderung menjauhi Tuhan. Lalu bagaimana cara Tuhan menolong, kalau yang ditolong saja menjauh.

Sahabat Kristus, jangan terpuruk dengan keadaan. Ada orang yang kecewa dengan hidup ini. Mau bekerja, lamaran ditolak terus. Mau usaha, tidak ada modal. Mau melakukan sesuatu tidak ada dukungan. Akhirnya menjadi seorang yang mengasihani diri sendiri. Yang pertama, datang pada Tuhan dan bereskan hati kita di hadapan Tuhan. Selanjutnya, minta Tuhan arahkan apa yang harus dikerjakan. Bukankah hidup kita ini sudah merupakan modal yang berharga. Ada banyak yang bisa kita kerjakan tanpa harus menunggu uang sebagai modal, tapi justru melalui diri kita bisa menjadi nafkah bagi keluarga.

Tuhan tidak pernah mau menolong orang yang malas. Dia cari orang-orang yang aktif dan semangat. Kita bisa jatuh, tapi bangun lagi. Kita bisa gagal, tapi perbaiki lagi. Kita bisa kalah, tapi bertanding lagi. Jangan putus asa, hidup ini tidak pernah mudah dan tidak pernah toleransi dengan diri sendiri. Dibutuhkan orang-orang yang ulet dan tekun, untuk siap menerima berkat dan mujizat Tuhan. Tetap setia sampai garis akhir. Tuhan Yesus memberkati (Untuk dukungan doa. Mizpa Miniatry. WA: 0895623356501)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KESAKSIAN PELAYANAN

Jumpa Dengan Tuhan Edisi 09 November 2023 "Kuat Di Dalam Tuhan"

  JUMPA DENGAN TUHAN Judul     : Kuat Di Dalam Tuhan Baca     : Efesus 6:10 Akhirnya, hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan, di dalam kek...