Rabu, 12 Oktober 2022

Saat Teduh Pagi Hari 13 Oktober 2022 "Ketika Jawaban Doa Tidak"

SAAT TEDUH PAGI HARI

Judul   : Ketika Jawaban Doa “Tidak”

Baca    : 2 Korintus 12:7-9

 

Dan supaya aku jangan meninggikan diri karena penyataan-penyataan yang luar biasa itu, maka aku diberi suatu duri di dalam dagingku, yaitu seorang utusan Iblis untuk menggocoh aku, supaya aku jangan meninggikan diri.

Tentang hal itu aku sudah tiga kali berseru kepada Tuhan, supaya utusan Iblis itu mundur dari padaku.

Tetapi jawab Tuhan kepadaku: "Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna." Sebab itu terlebih suka aku bermegah atas kelemahanku, supaya kuasa Kristus turun menaungi aku.

 

Sahabat Kristus, Rasul Paulus adalah seorang rasul yang hebat, yang kuat iman dan memiliki penyerahan total pada Tuhan. Meskipun demikian dia juga mengalami doanya tidak dikabulkan oleh Tuhan. Ada satu doa yang tidak dituruti, tidak dipenuhi atau tidak dikabulkan oleh Tuhan. Saat itu dia berdoa supaya duri di dalam daging yang ada padanya diangkat atau diselesikan oleh Tuhan. Bahkan dikatakan sudah tiga kali berdoa.

Namun Tuhan dalam pernyataan pribadi, berkata “cukuplah kasih karuniaKu bagimu”. Dalam arti kata lain, Doamu tidak dikabulkan. Doamu jawabannya tidak. Sudah tidak perlu menawar-nawar lagi. Cukup, tidak usah berdoa untuk hal yang itu lagi. Para ahli theologi sepakat bahwa duri dalam daging ini berupa sebuah penyakit yang tidak tersembuhkan dalam tubuh Paulus. Bagaimana mungkin, Rasul Paulus yang juga dikenal sering mendoakan kesembuhan orang lain malah tidak sembuh dari penyakit yang dialami.

Semua hal yang dialami oleh Rasul Paulus tentu punya maksud dan rencana Tuhan yang tersembunyi. Tuhan dengan sengaja tidak menyembuhkan Rasul Paulus supaya dia tidak menyombongkan diri. tidak tinggi hati terhadap pelayanan yang dikerjakannya. Tidak merasa saya paling dipakai oleh Tuhan daripada yang lain. Hal ini pun diakui oleh Rasul Paulus dan dia menerima kedaulatan Tuhan atas hidupnya.

Bagaimana dengan kehidupan kita saat ini. Adakah kita mengalami Tuhan tidak mengabulkan doa kita. Tuhan menjawab tidak setuju atau tidak mengijinkan pada doa yang kita naikkan. Permintaan kita tidak dituruti oleh Tuhan. Bagaimana respon kita. Sudah berdoa sekian waktu tapi rasanya seperti terbentur tembok. Sudah sekian waktu berdoa, tapi kok rasanya Tuhan tidak setuju dengan yang kita doakan. Apa yang menjadi respon kita. Kecewa, marah atau protes tidak mau doa lagi kah.

Bisa jadi berdoa untuk pekerjaan, ternyata Tuhan menutup suatu pintu kesempatan kerja. Sudah berdoa untuk pasangan hidup, ternyata hubungan makin ga jelas. Sudah berdoa untuk kesembuhan, kok ya ga sembuh-sembuh. Sudah berdoa untuk pemulihan ekonomi, tapi jalan kok semakin buntu. Bisa jadi memang Tuhan tidak setuju dengan yang kita doakan. Dalam arti kata lain, Tuhan menjawab doa kita dengan tidak.

Beberapa waktu lalu, saya menjalani tes swab. Oleh karena kondisi tubuh saya sedang terganggu selama sekian waktu. Ketika tes swab, saya pun berdoa dengan iman hasilnya pasti negatif. Saya percaya Tuhan Yesus pasti meluputkan saya dari Covid. Namun apa yang terjadi, hasil tes pada keesokan harinya menyatakan saya positif. Saya dinyatakan mengalami Covid dan harus menjalani isolasi mandiri. dalam hal ini, Tuhan tidak mengabulkan doa saya. Tuhan menjawab tidak pada doa saya. Kalau sudah begini, mau bagaimana lagi.

Doa kita bisa jadi tidak dikabulkan oleh Tuhan. Apa yang kita rencanakan gagal berantakan. Namun ketika kita ikuti maunya Tuhan, ternyata ada banyak hal di luar yang kita pahami dan mengerti. Karya Tuhan begitu indah. Saya yang sedang Covid Tuhan ijinkan mengalami mujizat satu per satu. Kesembuhan secara ajaib boleh saya alami. Pelayanan saya pun Tuhan perbarui, pemeliharaan Tuhan begitu limpahnya dan Tuhan singkapkan banyak hal yang tersembunyi. Sampai akhirnya saya bisa melihat kebaikan Tuhan di sela situasi yang tidak menyenangkan.

Sahabat Kristus, ketika situasi buruk kita alami, doa kita tidak dijawab, percayalah Tuhan Yesus punya rencana yang lebih indah dan istimewa dari yang kita doakan selama ini. Tetap setia sampai garis akhir. Tuhan Yesus memberkati (Untuk dukungan doa. Mizpa Ministry. WA: 0895623356501)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KESAKSIAN PELAYANAN

Jumpa Dengan Tuhan Edisi 09 November 2023 "Kuat Di Dalam Tuhan"

  JUMPA DENGAN TUHAN Judul     : Kuat Di Dalam Tuhan Baca     : Efesus 6:10 Akhirnya, hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan, di dalam kek...